Alasan Mengapa Kamu Harus Menonton Film Kembang Api

Alasan Mengapa Kamu Harus Menonton Film Kembang Api
Film Kembang Api adalah film drama cerita seru Indonesia tahun 2023 yang disutradarai oleh Herwin Novianto. Film ini merupakan adaptasi dari film Jepang tahun 2017 yang berjudul 3ft Ball & Souls, yang disutradarai oleh Yoshio Kato. Film Jepang tersebut terinspirasi dari kisah nyata sang sutradara, yang kakak laki-lakinya bunuh diri.
Lewat film ini, Yoshio Kato berharap dapat menginspirasi publik untuk lebih peduli dengan kondisi kesehatan mental orang-orang di sekitar mereka. Film Kembang Api ditayangkan di bioskop Indonesia pada 2 Maret 2023 dan diproduksi oleh Falcon Pictures. jawara79.pro Film ini juga tayang di Netflix sejak Juli 2023.
Dan sebelum mengetahui alasan mengapa kamu harus menonton film Kembang Api, yuk intip synopsis filmnya melalui pembahasan di bawah ini.
Sinopsis Film Kembang Api
Film Kembang Api mengisahkan empat orang yang berniat bunuh diri bersama dengan meledakkan diri menggunakan sebuah bola besar berisi kembang api. Mereka adalah Fahmi (Donny Damara), https://scatterhitam.pro/ seorang ayah yang merasa gagal karena menimbulkan utang besar akibat kelalaian dalam pekerjaannya;
Dan Raga (Ringgo Agus Rahman), seorang dokter yang merasa bersalah karena secara tidak sengaja membunuh pasien ibu dan anak dalam kandungan di atas meja operasi; Sukma (Marsha Timothy), seorang ibu yang kehilangan anaknya karena kecelakaan mobil; dan Anggun (Hanggini), seorang siswi SMA yang menjadi korban bullying di sekolah.
Mereka bertemu melalui grup daring dan berkumpul di sebuah gudang untuk melakukan aksi bunuh diri mereka. Namun, terjadi peristiwa aneh, setiap kali meledak, mereka tidak mati dan kembali ke kondisi awal. Mereka terjebak dalam lingkaran waktu yang terus berulang, sampai mereka menyadari bahwa ada alasan hidup yang lebih besar dari masalah mereka.
Latar Belakang Tempat Film Kembang Api
Film Kembang Api menggunakan beberapa lokasi sebagai latar belakang ceritanya. Lokasi utama film ini adalah sebuah gudang tua yang berada di pinggiran kota Jakarta. Di sana, para tokoh melakukan percobaan bunuh diri mereka dengan menggunakan kembang api.
Gudang tersebut dipilih karena memiliki suasana yang gelap, sepi, dan suram, yang sesuai dengan tema film ini. Selain gudang, film ini juga menampilkan beberapa tempat lain yang berkaitan dengan latar belakang para tokoh, seperti rumah sakit, sekolah, rumah, dan kantor.
Film ini juga menampilkan beberapa pemandangan alam yang indah, seperti pantai, sawah, dan gunung, yang menjadi kontras dengan suasana gudang. Pemandangan alam tersebut dimaksudkan untuk menunjukkan bahwa masih ada keindahan dan harapan dalam hidup, meskipun ada masalah yang berat.
Alasan Mengapa Kamu Harus Menonton Film Kembang Api
Seperti yang kita bocorkan di atas, film Kembang Api adalah film yang mengangkat isu kesehatan mental dengan cara yang unik dan menarik. Film ini bercerita tentang empat orang yang ingin bunuh diri bersama, tetapi terjebak dalam lingkaran waktu yang membuat mereka mengulang-ulang percobaan mereka.
Film ini diadaptasi dari film Jepang 3ft Ball & Souls dan disutradarai oleh Herwin Novianto, pemenang Piala Citra 2012. Berikut adalah beberapa alasan mengapa kamu harus menonton film Kembang Api:
1. Premis unik dan fresh
Film ini memiliki premis yang unik dan fresh, yaitu tentang orang-orang yang ingin bunuh diri dengan menggunakan bola raksasa berisi kembang api. Film ini memberikan sudut pandang yang jarang ada di Indonesia, yaitu tentang isu kesehatan mental yang sering dianggap tabu dan sensitif. Dan film ini juga mengajarkan kita untuk lebih peduli dan tidak meremehkan kondisi mental seseorang.
2. Chemistry dan akting para pemain
Kemudian, film ini dibintangi oleh empat aktor dan aktris papan atas, yaitu Donny Damara, Marsha Timothy, Ringgo Agus Rahman, dan Hanggini. Mereka berhasil membawakan karakter mereka dengan ekspresi dan emosi yang menarik.
Dan mereka juga memiliki chemistry yang bagus, baik sebagai teman maupun sebagai lawan. Mereka mampu membuat penonton tertawa, terharu, dan tegang dengan aksi mereka.
3. Teknik yang tidak membosankan
Film ini menggunakan teknik , yaitu mengulang-ulang kejadian yang sama dengan variasi yang berbeda. Teknik ini membuat film ini tidak membosankan, meskipun lokasinya terbatas dan ceritanya berat. Teknik ini juga membuat penonton penasaran dengan apa yang akan terjadi selanjutnya dan bagaimana cara mereka keluar dari lingkaran waktu tersebut.
4. Film paket komplit
Selain itu, film ini adalah film paket komplit, karena bisa membuat penonton merasakan berbagai emosi sekaligus. Film ini bisa membuat penonton takut, ngeri, ngakak, sampai mewek terharu dalam satu film. Film ini juga memiliki pesan moral yang kuat, yaitu tentang pentingnya hidup, harapan, dan cinta.
5. Cerita yang ringan dan dekat
Meskipun film ini mengangkat tema yang berat dan topik yang tabu, film ini berhasil dikemas dengan cara yang ringan dan dekat. Film ini menggunakan bahasa yang mudah dimengerti dan humor yang segar. Film ini juga menggunakan karakter yang relatable dan realistis, sehingga penonton bisa merasakan empati dan simpati terhadap mereka.
Itulah beberapa alasan mengapa kamu harus menonton film Kembang Api. Film ini bisa menjadi bukan hanya sekadar tontonan, tapi juga tuntunan. Dengan menonton film ini, kamu bisa lebih semangat menjalani hidup dan tidak menyerah dalam kehidupan saat ini. Film ini bisa kamu tonton di bioskop atau di Netflix. Selamat menonton!